Terima Mahasiswa Magang, KPID Jatim Lakukan Pembekalan P3SPS

0
30

Surabaya – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur melakukan pembekalan Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS) kepada mahasiswa magang, Kamis Siang (15/02). Para mahasiswa magang mendapatkan pengantar P3SPS yang menjadi pedoman dalam proses pengawasan lembaga penyiaran.

Ketua KPID Jawa Timur Immanuel Yosua Tjiptosoewarno mengajak seluruh mahasiswa magang untuk dapat berpikir kritis dan kreatif dalam menyikapi dinamika penyiaran yang ada. Ia berharap, mahasiswa magang dapat mempelajari banyak hal selama menjalankan magang sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja kedepannya.

“Magang ini menjadi ruang bagi teman-teman berkekspresi untuk menjadi pembelajaran sebelum memasuki dunia kerja penyiaran,” kata Ketua KPID Jatim Imanuel Yosua Tjiptosuwarno di kantor KPID Jawa Timur.

Pembekalan magang ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur. Mahasiawa tersebut berasal dari Universitas Airlangga, Universitas Islam Negeri (UIN) Surabaya, dan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Koordinator Bidang Isi Siaran KPID Jawa Timur Sundari menerangkan terdapat lima racun siaran yang harus dihindari oleh lembaga penyiaran. Lima racun siaran tersebut meliputi, SARA, SARU, SADIS, SIHIR, dan Siaran Partisan & Ilegal.

“Jadi kalau teman-teman mendapatkan siaran yang mengandung lima racun siaran, jangan ragu untuk melapor ke KPID Jatim atau KPI Pusat,” kata Ndari.

Komisioner bidang Penindakan Isi Siaran Romel Masykuri menambahkan terdapat dua model pengawasan. Mahasiswa magang dapat melakukan pengawasan terhadap lembaga penyiaran baik di kantor KPID Jawa Timur maupun melalui kunjungan langsung ke lembaga penyiaran terkait.

“Selain melakukan pengawasan di kantor, di sini nanti teman-teman juga akan diajak berkunjung ke lembaga penyiaran untuk belajar pengawasan secara langsung,” kata Romel.

Kegiatan magang ini merupakan salah satu wujud komitmen KPID Jawa Timur untuk menghasilkan insan penyiaran yang berkualitas. KPID Jawa Timur senantiasa menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperbaiki iklim informasi dan industri penyiaran di Jawa Timur. (CPS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here